Bahagia Itu Mudah "Tapi" Susah

      Menjalani kehidupan di dunia ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hidup ini penuh dengan rintangan. Hidup bagaikan roda yang berputar, ada kalanya kita berada di atas dan ada pula kalanya kita berada di bawah. Ada orang yang kaya dan ada yang miskin. Sama halnya dengan kesedihan, tidak selamanya kita mengalami kesedihan dan kita tidak boleh terus larut dalam kesedihan.
 Di dalam agama Islam, telah diterangkan beberapa hal yang dapat di tempuh agar kita memperoleh kebahagiaan. Tidak hanya di dunia, namun juga kelak di akhirat. Adapun kunci –kunci ”KEBAHAGIAAN”  itu antara lain:
1.      Jika ingin sehat, “ Siyam!” ( Berpuasa lah!)
Dengan puasa dapat membuat tubuh sehat karena saluran pencernaan di buat istirahat sejenak ari aktifitas mengolah dan menggiling makanan dalan tubuh.
2.      Ingin wajah bersinar, “Qiyamul Lail ! “ (Bangun tengah malam)
Bangun tengah malam yang di maksud adalah bangun untuk menunaikan shalat Tahajjud. Dengan rajin shalat tengah malam, membuat muka lebih bersinar.
3.      Ingin hati lapang, “Tartil Al-Qur’an”
Allah SWT, memberi kemuliaan bagi orang yang membaca Al- Qur’an yaitu berupa perasaan yang tentram,pengobat hati agar hati menjadi tenang dan lapang.
4.      Ingin bahagia, “Shalat di awal waktu”
Jangan selalu menunda-nunda Shalat, begitu adzan berkumandang, hentikan urusan dunia dan segara mungkin mengambil wudhu dan dirikanlah Shalat.
5.      Ingin hidup berkah dalam limpahan rahmat, “ Pastikan rezeki halal dan perbanyaklah membaca shalawat Nabi”.
6.      Ingin kays harta, “ Perbanyaklah sedekah”.
7.      Ingin menghilangkan tekanan, ancaman, hidup yang berat , “Perbanyaklah membaca “Laa Haula Wa Laa Kuwwata Illa Billahil Aliyyil Adziim”.
8.      Di saat gelisah, gundah tanpa sebab, “ Perbanyaklah doa kepada Allah SWT”.
Beberapa cara di atas dapat diterapkan dalam kehidupan demi mencapai kebahagiaan yang menjadi dambaan setiap manusia di dunia ini. Dan diantara cara di atas, jalan yang paling tepat dilakukan adalah “Takwa” yaitu menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan takwa, niscaya kita akan memperoleh kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

0 komentar:

Posting Komentar